Template Updates

.
Home » » TEGNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

TEGNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

Written By Unknown on Friday 29 March 2013 | 00:27


-->
Kata pengantar
Dengan mengucap puji syukur kehadirat allah SWT karena dengan Rahmat dan RidhonyaNya kami dapat menyelesaikan karya tulis ilmiah yang berjudul “Teknologi Informasi Dan Komunikasi.” karya tulis ilmiah ini menguraikan secara sederhana tentang Teknologi Informasi dan komunikasi yangakhir-akhir ini sudah mempengaruhi masyarakat di dunia dan karya tulis ilmiah ini juga menjelaskan berbagai macam teknologi informasi dan komunikasi yang semakin moderen.
Karya tulis ilmiah ini merupakan salah satu sumber ilmu,apa yang ada di dalam karya tulis ilmiah ini akan sangat bermanfaat bagi keberhasilan kita kelak.
Untuk itu gunakanlah karya tulis ilmiah inisebaik-baiknya,mulailah belajar dengan membaca dan memahami karya tulis ilmiah ini,yakilah dengan kemauan dan kerja keras kalian dapat meraih cita-cita dan semoga karya tulis ilmiah ini ber manfaat dan dapat mengantar kita meraih kesuksesan.
Menyadari akan keterbatasan ilmu pengetahuan para penyusun menerima segala kritik dan saran demi kesempurnaan karya tulis ilmiah ini.
Semoga karya tulis ilmiah inibermanfaat bagi kita semua.
GRUJUGAN, 26 febuari 2010
Penulis
II

-->
DAFTAR ISI
Judul
Kata pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah……………………………………………...1
1.2 Manfaat ……………………………………………………………...1
1.3 Tujuan………………………………………………………………..1
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Teknologi Teknologi Informasi dan Komunikasi…………................2
2.2 Implikasi Teknologi Teknologi Informasi dan Komunikasi …….…..3
2.3 Bentuk Tekmologi Informasi… …………………………………..…4
2.4 Penerapan Teknologi Komunikasi……………………………….. …4
2.5 Perspektif tentang Teknologi Komunikasi ………………….……….4
2.6 Danpak negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi pelajar...5
BAB III PENUTUP
3.1 kesimpulan……………………………………………………………6
3.2 Saran………………………………………………………………….6
DAFTAR PUSTAKA
III
-->
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang masalah
Teknologi Infomasi Dan Komunikasi merupakan salah satu kebutuhanyang sangt dibutuhkan manusia karena dengan mengunakan teknologi infomasi dan komunikasi,manusia bisa lebih meningkatkan ilmu pengetahuannya.
Oleh karena itu teknologi infomasi dan komunikasi dikembangkan oleh pera ahli agar memudahkan pekerjaan manusia dan kini teknologi infomasi dan komunikasi merupakan hal yang wajib diperlukan oleh kaum pelajar .
Teknologi infomasi dan komunikasi yang mempunyai banyak manfaat dan kegunaan,juga menpunyai dampak negatif seperti yang lainya,contoh sederhana dari dampak negatif teknologi infomasi dan komunikasi adalah anak-anak memanfaatkan teknologi infomasi dan komunikasi untuk bermain game ,hal ini dapat merusak pikiran anak-anak tersebut.
Dampak negatif atau dampak positif dari teknologi infomasi dan komunikasi yang didapatkan oloh manusi itu tergantung individu masing-masing
1.2 Manfaat
Adapun manfaat dari teknologi informasi:
v Sebagai alat komunikasi antara manusia yang satu dan yang lain
v Sebagai alat untuk memudahkan pekerjaan manusia
v Sebagai alat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas
1.3 Tujuan
Sehubung dengan tema yang di buat maka tujua karya tulis ilmiah ini diuraikan sebagai berikut:
v Untuk mengenalkan macam-macam teknologi infomasi dan komunikasi
v Untuk memberitahukan tentang teknologi infomasi dan komunikasi
v Untuk meningkatkan ilmu pengtahuan tentang teknologi infomasi dan komunikasi

1
-->

Pilihan
BAB II

2.1PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI
A. Teknologi Informasi

Gambar1

Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa Latin ”texere” yang berarti menyusun atau membangun. Sehingga istilah teknologi seharusnya tidak terbatas pada penggunaan mesin, meskipun dalam arti sempit hal tersebut sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.dan Informasi adalahpengolahan sistem pada akhirnya menghasilkan suatu informasi, untuk itu pendefenisian informasi diperlukan untuk menunjang berhasilnya pengembangan sistem yang akan dirancang.Definisi umum untuk informasi dalam sistem informasi”.Jadi, Informasi Informasi adalah data yang diproses kedalam bentuk yang lebih berarti bagi penerima dan berguna dalam pengambilan keputusan, sekarang atau untuk masa yang akan datang.Informasi dalam suatu lingkungan sistem informasi memiliki beberapa ciri-ciri yaitu :
  1. Benar atau salah, Ini dapat berhubungan dengan realitas atau tidak bila penerimaan informasi yang salah dipercayai mengakibatkan sama seperti benar.
  2. Baru, Informasi dapat sama sekali baru dan segar bagi penerimanya.
  3. Tambahan, Informasi dapat memperbaharui atau memberikan tambahan baru pada informasi yang talah ada.
  4. Korektif, Informasi dapat menjadi suatu korektif atas informasi yang salah.
  5. Penegas, Informasi dapat mempertegas informasi yang telah ada, ini berguna karena meningkatkan persepsi penerimanya atau kebenaran informasi tersebut.

B.PENGERTIAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Teknologi komunikasi adalah peralatan perangkat keras (hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya.
Yang mendasari sesuatu hal dapat digolongkan kedalam
teknologi komunikasi adalah :
1. Teknologi komunikasi dapat di implementasikan dalam suatu alat
2. Teknologi komunikasi dilahirkan oleh sebuah struktur sosial,ekonomi dan politik
3. Teknologi komunikasi membawa nilai yang berasal dari struktur ekonomi , sosial dan politik tertentu
4. Teknologi komunikasi meningkatkan kemampuan indera manusia terutama kemampuan mendengar dan melihat.
2

2.2 Implikasi TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI

di bidang Pendidikan

Sejarah IT dan Internet tidak dapat dilepaskan dari bidang pendidikan. Internet di Amerika mulai tumbuh dari lingkungan akademis (NSFNET), seperti diceritakan dalam buku “Nerds 2.0.1”. Demikian pula Internet di Indonesia mulai tumbuh dilingkungan akademis (di UI dan ITB), meskipun cerita yang seru justru muncul di bidang bisnis. Mungkin perlu diperbanyak cerita tentang manfaat Internet bagi bidang pendidikan.
Adanya Internet membuka sumber informasi yang tadinya susah diakses. Akses terhadap sumber informasi bukan menjadi malasah lagi. Perpustakaan merupakan salah satu sumber informasi yang mahal harganya. (Berapa banyak perpustakaan di Indonesia, dan bagaimana kualitasnya?.) Adanya Internet memungkinkan seseorang di Indonesia untuk mengakses perpustakaan di Amerika Serikat. Mekanisme akses perpustakaan dapat dilakukan dengan menggunakan program khusus (biasanya menggunakan standar Z39.50, seperti WAIS[1]), aplikasi telnet (seperti pada aplikasi hytelnet[2]) atau melalui web browser (Netscape dan Internet Explorer). Sudah banyak cerita tentang pertolongan Internet dalam penelitian, tugas akhir. Tukar menukar informasi atau tanya jawab dengan pakar dapat dilakukan melalui Internet. Tanpa adanya Internet banyak tugas akhir dan thesis yang mungkin membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk diselesaikan.
Kerjasama antar pakar dan juga dengan mahasiswa yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dahulu, seseorang harus berkelana atau berjalan jauh untuk menemui seorang pakar untuk mendiskusikan sebuah masalah. Saat ini hal ini dapat dilakukan dari rumah dengan mengirimkan email. Makalah dan penelitian dapat dilakukan dengan saling tukar menukar data melalui Internet, via email, ataupun dengan menggunakan mekanisme file sharring. Bayangkan apabila seorang mahasiswa di Irian dapat berdiskusi masalah kedokteran dengan seoran pakar di universitas terkemuka di pulau Jawa. Mahasiswa dimanapun di Indonesia dapat mengakses pakar atau dosen yang terbaik di Indonesia dan bahkan di dunia. Batasan geografis bukan menjadi masalah lagi.Sharring information juga sangat dibutuhkan dalam bidang penelitian agar penelitian tidak berulang (reinvent the wheel). Hasil-hasil penelitian di perguruan tinggi dan lembaga penelitian dapat digunakan bersama-sama sehingga mempercepat proses pengembangan ilmu dan teknologi.Distance learning dan virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi Internet. Bahkan tak kurang pakar ekonomi Peter Drucker mengatakan bahwa “Triggered by the Internet, continuing adult education may wll become our greatest growth industry”. (Lihat artikel majalah Forbes 15 Mei 2000.) Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja.Bagi Indonesia, manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan Internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat Internet bagi bidang pendidikan di Indonesia:
· Akses ke perpustakaan;
· Akses ke pakar;
· Menyediakan fasilitas kerjasama.
Inisiaif-inisiatif penggunaan IT dan Internet di bidang pendidikan di Indonesia sudah mulai bermunculan. Salah satu inisiatif y`ng sekarang sedang giat kami lakukan adalah program “Sekolah 2000”, dimana ditargetkan sejumlah sekolah (khususnya SMU dan SMK) terhubung ke Internet pada tahun 2000 ini. (Informasi mengenai program Sekolah 2000 ini dapat diperoleh dari situs Sekolah 2000 di
2.3 BENTUK TEKNOLOGI INFORMASI
A. Komunikasi Suara
Merupakan bentuk komunikasi mempergunakan suara dan indera pendengaran dari tempat yang terpisah dengan jarak tertentu.
B. Komunikasi Tulisan dan Gambar
Merupakan komunikasi yang mengirimkan informasi berbentuk tulisan dan gambar. Gambar yang dikirim dapat berupa gambar hidup (video) atau gambar diam, misalnya gambar teknik atau gambar grafik.
C.Komunikasi Data
Informasi berupa data dan berita yang dikirimkan dengan menggunakan komputer sebagai media pengirim dan media penerima informasi, serta dengan menggunakan jaringan telepon (Public Switched Telephone Network) atau menggunakan jaringan telepon khusus (leased line atau private line).
2.4PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Penerapan teknologi komunikasi ditentukan oleh sejauh mana teknologi komunikasi mampu membuka akses pada berbagai pelayanan dan jaringan informasi.

PROSES PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI

Terdapat 2 tahapan dalam proses penerapan teknologi komunikasi, yaitu :
A. Tahapan inisiasi
Terdapat dua tingkatan, yaitu :
1.Tingkatan Agenda-Setting
2.Tingkatan Matching

Apabila nilai kedua tingkat inisiasi ini positif, timbulah keinginan untuk mengadopsi teknologi komunikasi yang diinginkan.

B. Tahapan implementasi
Terdapat tiga tingkatan, yaitu :
1.Tingkatan redefining (mengartikan ulang)
2.Tingkatan clarifying (menjelaskan)
3.Tingkatan routinizing (kebiasaan)

2.5 PERSPEKTIF TENTANG PENERAPAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI.
Suatu organisasi/lembaga pengguna teknologi komunikasi
memandang penerapan teknologi komunikasi sebagai :
1. Manajemen sistem
2. Proses birokrasi
3. Pengembangan Organisasi
4. Proses Tawar menawar

Perspektif tentang penerapan teknologi komunikasi adalah :
1. Teknosentrik
2. Sosiosentrik
3. Konflik
4. Desain sistem
4

2.6 Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Pelajar

TI
Tahukah kita selain membawa manfaat yang besar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga mempunyai pengaruh buruk yang besar pula pada perkembangan generasi anak bangsa.
Saat ini perangkat yang paling mempengaruhi anak pelajar Indonesia saat ini antara lain :
  1. Komputer
  2. Handphone
  3. MP4 player
  4. Game Console
  5. Media tontonan seperti Televisi dan Film
Namun kali ini kita akan membahas salah satu diantaranya yaitu pengaruh buruk Teknologi Komputer. Pengaruh positif atau negatif yang bisa muncul dari alat ini tentu saja lebih banyak tergantung dari pemanfaatannya. Bila anak-anak dibiarkan menggunakan komputer secara sembarangan, pengaruhnya bisa jadi negatif. Sebaliknya, komputer akan memberikan pengaruh positif bila digunakan dengan bijaksana, yaitu membantu pengembangan intelektual dan motorik anak.
Pengaruh buruk dari Games Komputer.
Salah satu contoh pengaruh buruknya adalah dari kemungkinan anak, kemungkinan besar tanpa sepengetahuan orangtua, anaj ‘mengkonsumsi’ games yang menonjolkan unsur-unsur seperti kekerasan dan agresivitas. Banyak pakar pendidikan mensinyalir bahwa games beraroma kekerasan dan agresi ini adalah pemicu munculnya perilaku-perilaku agresif dan sadistis pada diri anak.
Pengaruh buruk lewat internet.
Mampu mengakses internet sesungguhnya merupakan suatu awal yang baik bagi pengembangan wawasan anak. Sayangnya, anak juga terancam dengan banyaknya informasi buruk yang membanjiri internet.Melalui internetlah berbagai materi bermuatan seks, kekerasan, dan lain-lain dijajakan secara terbuka dan tanpa penghalang. Sebuah studi yang menunjukkan bahwa satu dari 12 anak di Canada sering menerima pesan yang berisi muatan seks, tawaran seks, saat tengah berselancar di internet.
5

Pengaruh Buruk Terlalu Sering Bermain Komputer.
Kecanduan bermain komputer ditengarai memicu anak menjadi malas menulis, menggambar atau pun melakukan aktivitas sosial. Kecanduan bermain komputer bisa terjadi terutama karena sejak awal orangtua tidak membuat aturan bermain komputer. Seharusnya, menurut Rizal, orangtua perlu membuat kesepakatan dengan anak soal waktu bermain komputer. Misalnya, anak boleh bermain komputer sepulang sekolah setelah selesai mengerjakan PR hanya selama satu jam. Waktu yang lebih longgar dapat diberikan pada hari libur.Pengaturan waktu ini perlu dilakukan agar anak tidak berpikir bahwa bermain komputer adalah satu-satunya kegiatan yang menarik bagi anak. Pengaturan ini perlu diperhatikan secara ketat oleh orangtua, setidaknya sampai anak berusia 12 tahun. Pada usia yang lebih besar, diharapkan anak sudah dapat lebih mampu mengatur waktu dengan baik.
* Menimbang untung ruginya mengenalkan komputer pada anak, pada akhirnya memang amat tergantung pada kesiapan orangtua dalam mengenalkan dan mengawasi anak saat bermain komputer.
* Selain itu juga pihak sekolah harus ikut andil dalam memberikan pengarahan terbaik agar siswa/siswi dapat mempergunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke arah yang positif.
* Pemerintah sebagai pengendali semua sistem penyedia Informasi harusnya lebih aktif dalam mengontrol penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Generasi Anak Bangsa.Sadar atau tidak sadar Teknologi Informasi dan Komunikasi telah membawa perubahan besar terhadap Generasi Penerus Bangsa, hanya tinggal kita yang bisa atau tidak membawa perubahan itu ke arah yang positif atau negatif.
6
-->
BAB III
3.1 Kesimpulan
Berdasarkan data-data diatas dapat disimpulkan:
v teknologi informasi dan komunikasi merupakan perkembangan zaman
v Berbagai macam teknologi informasi dan komunikasi yang dimafaatkan dalam kehidupan sehari-hari
v teknologi informasi dan komunikasi dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan
v teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak positif dan dampak negatif di dalam kehidupan sehari-hari
3.2 Saran
Sehubungan dengan tema diatas maka kami menyarankan:
v karena teknologi informasi dan komunikasi merupakan perkembangan zaman maka kita dituntut untuk menguasai segala bentuk teknologi informasi dan komunikasi
v Kita harus memilih teknologi informasi dan komunikasi yang sesuai dengan kebutuhan kita
v Gunakanlah teknologi informasi dan komunikasi dengan sebaik-baiknya karena teknologi informasi dan komunikasi dapat mencerdaskan kita
v teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak positif dan dampak negatif maka kita harus memanfaatkan hal-hal yang positif dan menjauhi hal-hal yang negaif
7
-->
DAFTAR PUSTAKA
Ø http://www.ecommerce.gov)
Ø http://www.hasilpemilu99.or.id
Ø http://www.kpu.go.id
Ø http://www.lights.com
Ø http://www.ri.go.id
8

Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Template information

.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. learning materials - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger